Jual Roller Chain Murah

Roller chain atau sering disebut dengan rantai adalah salah satu komponen transmisi yang digunakan di industri saat ini. Roller Chain berfungsi untuk mentranmisikan daya antar poros yang pararel dengan cara yang efisien. Rantai mengait pada gigi sprocket dan melangsungkan gaya tanpa slip, sehingga dapat menjamin putaran daya yang tetap. Rantai sebagai penerus daya yang memiliki keuntungan seperti mampu meneruskan daya besar dan memiliki keausan kecil pada bantalan yang mudah untuk pemasangannya.

roller chain

Roller chain memiliki efisiensi yang tinggi sehingga bagus jika digunakan untuk komponen mesin. Terutama pada rangkaian dan pergerakan roda belakang sepeda dan sepeda motor. Nah oleh karena itu roller chain adalah salah satu perlengkapan atau sparepart yang dibutuhkan untuk sepeda dan sepeda motor. Bisa dikatakan sepeda dan sepeda motor anda tidak akan berfungsi baik jika tidak memggunakan roller chain.

Lalu sebelum kita bahas lebih jauh lagi, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Roller chain?

  • Mampu meneruskan daya yang cukup besar karena kekuatannya yang besar juga.
  • Tidak membutuhkan tegangan awal.
  • Memiliki keausan yang kecil pada bantalan.
  • Mudah dalah cara pemasangannya dan juga harganya pun terjangkau.
  • Memiliki banyak variasi untuk ukuran, sehingga dapat dipakai untuk daya yang besar ataupun kecil.
  • Tifak menimbulkan bahaya kebakaran.
  • Tidak terpengaruh oleh temperature yang tinggi karena terdapat oli grease.

Sedangkan jika ada kelebihan pasti ada juga kekurangan, apa saja?

  • Variasi kecepatan yang tidak dapat dihindari karena terdapat lintasan busur pada sprocket yang mengaiti mata rantai.
  • Menimbulkan suara dan getaran karena adanya tumbukan antara rantai dan dasar kaki gigi sprocket.
  • Perpanjangan rantai karena keausan pena dan bushing yang disebabkan oleh gesekan dan sprocket.

Kemudian dalam pemilihan roller chain terbagi menjadi dua tahapan, yang pertama adalah pemilihan tipe transmisi yang akan dipakai. Dimana transmisi ini juga memiliki jenis-jenis yaitu chain, drive, gear atau pulley. Dan tahap yang kedua yaitu pemilihan spesifikasi komponen seperti pemilihan jumlah gigi, dimensi pitch, dan lain sebagainya. Untuk tahapan dalam pemilihan roller chain mari kita ulas lebih jauh.

  1. Tahap Pemilihan Tipe Transmisi

Dalam tahapan ini terdapat beberapa faktor yang membuktikan bahwa roller chain dipilih sebagai power transmission dibandingkan dengan gears atau belt drive. Mengapa dipilih sebagai power transmission? Karean pada dasarnya roller chain memiliki kriteria sebagai berikut ini :

  • Jarak as antar shaft terlampau jauh.
  • Memiliki efisiensi operasi yang tinggi dan umur transmisi yang panjang.
  • Memerlukan torsi yang tinggi atau power yang besar pada saat berada pada kecepatan yamg lambat.
  • Biaya yang dikeluarkan minimum.
  • Jumlah shaft yang diperlukan untuk sinkornisasi drive.

Dan masih banyak faktor lainnya yang membuktikan jika roller chain dipilih sebagai power transmission. Setalah tahapan pertama kita akan masuk ke tahapan kedua yaitu tahapan pemilihan spesifikasi komponen.  Mari kita ulas!

  1. Tahap Pemilihan Spesifikasi Komponen

Dalam pemilihan spesifikasi komponen ini juga memiliki beberapa tahapan yaitu sebagai berikut :

  • Menentukan informasi kebutuhan dilapangan seperti kecepatan drive shaft dan driven shaft, power yang ditansmisi, jarak as shaft, fungsi chain, dan lubricant yang dapat difungsikan untuk maintenance roller chain.
  • Lalu setelah mendapatkan infromasi kebutuhan dilapangan, tentukan jumlah gigi yang diperlukan untuk drive dan driven sprocket agar mandapatkan reduksi ratio. Nah dalam perhitungan reduksi ratio ini memang tidak akurat 100% karena sprocket yang dipabrikasi memiliki jumlah gigi yang Jadi semakin banyak jumlah gigi pada sprocket maka semakin halus pergerakan transmisi, lalu semakin besar juga ukuran sprocket tingkat kebisingan menjadi rendah dan umur roller chain dan sprocket nya akan sangat panjang.
  • Selanjutnya untuk pengoperasian drive source dan beban akan membutuhkan size roller chain yang cocok, karena dapat dilihat dari table-tabel yang terdapat pada roller chain dan yang tersedia dari pihak supplier roller chain itu sendiri.
  • Masuk ke tahap memiliki ukuran pitch pada chain. Dalam menentukan pilihannya anda harus based on power yang di gunakan dan juga dilihat dari transmission rating chart yang disediakan langsung dari pabrik roller chain. Pada dasarnya semakin besar chain pitch yang terpakai dan juga strand, maka power yang akan ditransmisikan juga semakin besar.
  • Setelah menentukan ukuran pitch, tahap terakhir adalah anda harus memastikan bahwa pitch pada chain harus memenuhi ukuran terhadap diameter dari sprocket. Begitupun juga jarak minimum as juga harus dibuat sedemikian rupa sehingga alternative pilihan terhadap jarak dapat memungkinkan.

Demikian lah beberapa informasi dalam memilih roller chain. Informasi ini dapat dikatakan teori yang tentunya akan berbeda saat pengaplikasiannya dilapangan. Jadi jika anda masih belum memahami betul mengenai roller chain anda dapat menyerahkan kepada ahlinya. Lalu bagi anda yang ingin mencari roller chain anda dapat membuka situs jual beli roller chain yang kini sudah banyak tersedia di Internet. Anda dapat mengunjungi website  yang menjual roller chain. Situs jual roller chain memang pilihan yang tepat untuk membeli roller chain dengan harga yang terjangkau. Bagi anda yang ingin membeli roller chain anda tidak harus membeli pergi ke toko atau bengkel, karena anugerahjayabearing.com adalah tempat yang pas dan terbaik untuk anda. Segera hubungi kamu untuk mendapatkan harga yang terbaik!